Thursday 27 August 2015

Program Kerja KKN Teknik Informatika

KKN (Kuliah Kerja Nyata) merupakan kegiatan yang menyenangkan, dalam beberapa minggu kita berada di desa orang lain. Kita akan mempelajari kehidupan di desa orang lain, hal yang paling penting adalah menjaga sikap kita. Selalu sopan dan jangan sampai membuat kesalahan.
Banyak sekali manfaat yang didapatkan dari KKN ini, kita akan belajar hidup lebih mandiri karena jauh dari rumah. Kita diwajibkan menginap di desa orang lain, tidur bersama teman-teman akan membuat kita menjadi lebih akrab satu sama lain. Waktu itu saya sedang KKN di desa Sambopinggir, kecamatan Karangbinangun Lamongan.

Umumnya kita akan membentuk satu kelompok yang terdiri dari bermacam-macam jurusan. Dari jurusan informatika, ekonomi, agama, kesehatan, dan lain-lain. Kebetulan saya dari jurusan Teknik Informatika, maka disini akan saya bahas mengenai program kerja KKN jurusan teknik informatika. 
Ada beberapa program yang diajukan jurusan teknik informatika yaitu:
1. Lomba Mengetik
2. Pembuatan website desa
3. Sosialisasi tentang teknologi informasi
4. Servis komputer gratis

Sebelum lomba mengetik diadakan, kami melakukan kegiatan sosialisasi tentang komputer. Memperkenalkan bagian-bagian komputer beserta fungsinya kepada anak-anak. Setelah anak-anak paham tentang fungsi komputer, lomba mengetik pun diadakan. Waktu mengetik adalah 5 menit, anak-anak diberi teks pancasila untuk diketik. Jika waktu habis, kegiatan mengetik akan dihentikan dan untuk menentukan pemenangnya adalah dengan menghitung jumlah kata yang diketik.
Agar anak-anak tidak kecewa, semuanya yang berpartisipai mengikuti lomba kami berikan pensil sebagai hadiahnya. Anak-anak tampak antusias mengikuti lomba ini.
Selain lomba mengetik, ada juga kegiatan pembuatan website desa. Website desa berisi informasi tentang desa, mulai dari sejarah desa, kebiasaan masyarakat, dan kegiatan-kegiatan di desa. Dengan adanya website desa akan menjadikan desa dikenal di seluruh dunia.


No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah yang bijak. Komentar anda mencerminkan kehidupan anda.