Wednesday 5 November 2014

Memelihara Kura-Kura Brazil (Red Ear Slider)


Kura Brazil merupakan hewan yang lucu, untuk deskripsi dan keterangan lebih lanjut tentang Kura Brazil atau yang biasa disebut Red Ear Slider (RES) bisa browsing di google. Saya hanya akan sharing seputar kura brazil ini berdasarkan pengalaman saya memeliharanya.
Sudah banyak artikel yang membahas
tentang kura-kura jenis ini.

Mengamati perilaku kura-kura memang sangat menyenangkan, hal tersebut dapat menghilangkan rasa penat kita. Pemeliharaan tidak terlalu susah, harga murah meriah, mudah didapatkan. Itulah yang membuat banyak yang memelihara hewan lucu ini.

Untuk memilikinya kita hanya perlu mengeluarkan dana sekitar 12.000 rupiah sampai 20.000 rupiah untuk ukuran kecil. Bahkan teman saya pernah bilang di suatu tempat, kita bisa mendapat harga hanya 5.000 rupiah. Beda daerah beda harga tentunya.

Makanan
Selama saya memelihara kura-kura brazil, banyak jenis makanan yang saya berikan, namun makanan terbaik dan paling disukai menurut saya adalah ulat hongkong.

Gambar Ulat Hongkong (Sumber: marivanyblog.blogspot.com)

Kita bisa mendapatkannya dengan mudah di pasar burung, harganya pun cukup murah.
Selain ulat hongkong, makanan lain yang saya berikan adalah pelet untuk ikan, cacing kering, dan ikan kecil-kecil yang masih hidup. 

Pemeliharaan
Dalam memelihara kura brazil, hal utama yang harus diperhatikan adalah tempat hidupnya. Perlu diketahui bahwa kura brazil lebih banyak menghabiskan waktunya hidup di air, jadi siapkan tempat (aquarium/kolam) yang tersedia air untuk berendam, serta sediakan juga basking area (area untuk berjemur).
Kebersihan air wajib diperhatikan. Air yang kotor menyebabkan kura-kura sakit.
Berikan filter pada aquarium agar kondisi air lebih terjaga kebersihannya.

 Filter yang menjaga kebersihan air

Basking area

Penyakit
Jika kura-kura kita sedang sakit, tentu kita akan merasa sedih dan bingung. Saya pun merasakan hal itu. Sudah sebanyak 5 kali kura-kura peliharaan saya mati. Ciri-ciri kura brazil yang sedang sakit adalah menurunnya nafsu makan, kura-kura tidak mau makan sama sekali. Lebih sering ke daratan (basking area). Pada kura-kura yang masih kecil, presentase kematian lebih tinggi.
Untuk menangani kura-kura yang sakit agar tidak menular ke kura-kura yang lain, pindahkan kura-kura yang sakit tersebut ke tempat lain. Dan peliharalah tanpa air, jangan lupa untuk menjemur di bawah sinar matahari pagi agar penyakit cepat hilang.

Demikian posting tentang kura-kura brazil. Tunggu posting berikutnya.

1 comment:

  1. Makanan alternatif untuk kura kura kesayangan anda. Sebagai pengganti serangga hidup. Lebih praktis, higienis, sudah teruji kandungan nutrisinya dan terbukti di sukai oleh kura kura. Simak selengkapnya pada link di bawah ini

    Ulat Hongkong MARKEL untuk kura kura
    Jangkrik kering MARKEL untuk kura-kura
    Ulat Hongkong MARKEL utk Kura Kura ambon

    Extra fooding MARKEL, solusi cerdas untuk kura kura kesayangan anda

    ReplyDelete

Berkomentarlah yang bijak. Komentar anda mencerminkan kehidupan anda.